Sabtu, 12 April 2014

Format Makalah

Howday, Bro!

        Kali ini ane bagi-bagi info tentang format makalah. Mungkin ada di antara ente yang lagi bingung gimana nyusun makalah, ato tugas lain yang serupa. Mulai dari bingung mau bikin kaya' gimana. Ato bingung ntar yang diomongin apa. Ato bingung-bingung yang lainnya. Nah, ane mau ngasih referensi nih. Boleh lah ente contoh. Ane ikhlas kok kalo ente langsung copas. Hehehe, yang namanya ilmu kan buat dibagi. Neh link google drivenya, bisa dilihat dulu sebelum di download.

Ato ndek 4shared

       Di file itu ane ngasih sample mulai dari lembar judul sampe daftar isi doang. Insya ALLAH aman, karena format ini yang biasa ane pake'. Tapi tentu saja masih jauh dari sempurna (ceilah)

      Nah, referensi ane buat yang mau bikin makalah ato tulisan sejenis nih adalah tentu'in tema tulisan dulu. Tapi biasanya tema udah ditentuin sama dosen, guru, ato panitia lomba ya? So, langkah selanjutnya yang harus ente laku'in adalah bikin peta konsep. Nah lho? Bukannya topik, judul, kerangka tulisan, lalu bfffftt.........! Stop. Itu mah referensi dari mata pelajaran bahasa Indonesia. Nih kan ceritanya mau bagi-bagi ilmu, bukan ngasih pelaran online. Jadi beda.
       
      Nah, peta konsep inilah hal yang paling penting. Dengan peta konsep ini, ente udah langsung dapet topik, judul, dan kerangka tulisan. Maksudnya gini, peta konsep ini adalah penjabaran dari tema yang sudah ente tentu'in, lalu eksekusi atas fokus tulisan yang bakal ente bikin. Apa itu peta konsep? Coba deh ente tanya'in ke orang di sekitar ente yang sudah ahli. Ane mau ngejelasin juga bingung sendiri.

Tapi kalo pengen diskusi, boleh aja. Silahkan tinggalin komentar ato nyambung aja ke akun google+ ane. Ato juga di akun Tumblr ane, http://kang-umar-ali.tumblr.com/
Buat aku medsos, sorry ya, nggak ane kasih. Ntar ente jadi kenal ane lagi......

Sekian kata, Thanks!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar